Search
Close this search box.

News

/

Latest News

Penyematan Residen Baru Bedah Mulut Maksilofasial 2024

Program Studi Bedah Mulut dan Maksilofasial (BMM) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) resmi menyambut 12 Residen baru angkatan 2024 dalam acara Penyematan Residen, Kamis (10/10/2024) di Gedung RSGM UGM Prof. Soedomo. 

Acara ini merupakan tradisi tahunan yang tidak hanya menyambut residen baru, tetapi juga memberikan inisial khusus yang akan menjadi identitas permanen mereka hingga lulus sebagai Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial.

“Inisial ini sangat sakral karena dua huruf tersebut akan tersematkan selama-lamanya bagi Residen, bahkan hingga mereka lulus dan bekerja sebagai Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial,” jelas drg. Cahya Yustisia Hasan, Sp.B.M.M., Subsp.C.O.M.(K), Ketua Program Studi BMM.

Secara bersamaan, Dekan FKG UGM, Prof. drg. Suryono, SH., MM., Ph.D., turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan apresiasi atas peningkatan kuota penerimaan mahasiswa baru Prodi BMM menjadi 12 orang. “Output lulusan Prodi BMM diharapkan semakin meningkat, seiring dengan peningkatan kuota mahasiswa ini,” ungkapnya.

Selain itu, Wakil Direktur RSGM UGM Prof. Soedomo, Dr. drg. Andi Triawan, Sp.Ort(K), juga menyampaikan sambutan hangat kepada residen baru, menegaskan bahwa RSGM UGM sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama siap mendukung proses pendidikan mereka. “Kami menerima kalian dengan hangat di RSGM sebagai tempat kalian menjalankan pendidikan klinis,” tuturnya.

Kemudian, Ketua Departemen BMM, drg. Poerwati Soetji Rahajoe, Sp.B.M.M., Subsp.T.M.T.M.J.(K), memberikan pesan motivasi bagi para Residen. “Nikmati segala proses yang ada di dalam pendidikan ini. Tentunya tidak mudah menjalaninya, namun juga tidak sulit. Yang artinya semua akan bisa terlewati. Oleh karena itu, nikmatilah perjalanan panjang ini,” pesan drg. Poerwati dalam sambutannya.

Acara ini ditutup dengan prosesi penyematan inisial kepada para residen baru, yang disertai penyerahan seragam jaga yang akan mereka kenakan selama menjalankan tugas. Selain itu, para residen baru mempersembahkan penampilan dan menyanyikan Lagu Residen ciptaan drg. Agus Mulato, Sp.B.M.M., Subsp.T.M.T.M.J.(K), di depan tamu undangan. Acara kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan penyambutan hangat oleh seluruh civitas akademika Prodi BMM.

Acara Penyematan Residen ini tidak hanya menjadi simbol dimulainya perjalanan pendidikan bagi para residen baru, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 3 (Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan) melalui peningkatan kualitas tenaga kesehatan, serta Tujuan 4 (Pendidikan Berkualitas) yang diwujudkan melalui sistem pendidikan yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi.

Penulis: Pram

Tags

Share News

Related News
18 October 2024

Apa Peran Air Liur?

18 October 2024

Sertifikat Layak Fungsi: Pentingnya Keamanan dan Kenyamanan Bangunan di Lingkungan Kampus

16 October 2024

Smart Building: Solusi Cerdas Menuju Kampus Berkelanjutan

en_US