Search
Close this search box.

News

/

Announcement

Program Doktor Program StudiIlmu Kedokteran Gigi

Laman Resmi Program Doktor Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi

Deskripsi

Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Gigi FKG UGM adalah program pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM pada Strata 3 untuk meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Kedokteran Gigi. Ijin operasional program studi sudah dimulai sejak tahun akademik 2007/2008 dengan nomor 153/DIKTI/Kep/2007 terakreditasi A sesuai dengan SK  Nomor 0019/LAM.PTKES/Akr/dok/I/2018 tanggal 23 Januari 2018. Program studi ini menerapkan kurikulum yang berbasis pada riset serta berpusat pada luaran, atau disebut outcome based education (OBE). Kurikulum Berbasis Riset merupakan integrasi antara perkuliahan, pengabdian kepada masyarakat (PkM) dan penelitian sebagai luarannya. Sesuai dengan visinya, Program Studi S3 mengedepankan riset sebagai ujung tombak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut sejalan  dengan visi, misi dan tujuan UGM, serta kebijakan Umum UGM tahun 2012 – 2037 yang mencanangkan pendidikan pascasarjana sebagai tulang punggung pengembang ilmu.

VISI DAN MISI

Vision

Menjadi program studi pendidikan doktor yang berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.

Visi Keilmuan

Menjadi program studi yang berbasis riset dalam meningkatkan kualitas hidup (quality of life) di bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.

Mission

  1. General Mission

To conduct research-based learning and community service.

  1. Specific Missions
    1. Enhance education, research, and community service activities to world-class standards, with a national identity, and based on excellence and local richness.
    2. Pengabdian masyarakat berkelas dunia adalah upaya implementasi ilmu kedokteran gigi dalam menyelesaikan sebagian permasalahan masyarakat dunia di bidang kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan bersama-sama dengan para ahli dan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu termasuk mitra luar negeri
    3. Develop a quality research-based doctoral education curriculum in the field of dental and oral health towards international recognition.
    4. Develop directions and policies for interdisciplinary and multidisciplinary research to support quality research-based doctoral education in dental and oral health.
    5. Develop optimal learning facilities to support quality research-based doctoral education in dental and oral health.
    6. Develop broader national and international collaborations to support quality research-based doctoral education in dental and oral health.
    7. Mengembangkan tata kelola program pendidikan doktor yang baik (good governance) untuk menjadi program studi yang dapat mendukung misi fakultas dan universitas.

Objective

  1. Menjadi program studi pendidikan doktor yang berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang : (1) memiliki integritas tinggi, (2) berwawasan luas, (3) memiliki kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menciptakan teori atau metodologi baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, (4) memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada sejawat maupun masyarakat, (5) memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmunya dan bekerjasama melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta (6) memiliki kemampuan untuk berpikir secara komprehensif dan holistik terhadap suatu permasalahan.
  3. Menjadi program studi pendidikan doktor dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang mandiri dan bertata kelola baik.

Kompetensi Program Studi

Kurikulum Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi disusun sesuai dengan KKNI level 9. Setelah menyelesaikan pendidikan program Doktor di Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Gigi, luaran yang diharapkan dari alumni yaitu:

  1. High integrity and broad perspective
  2. Basic knowledge and necessary skills to create new theories or methodologies that can be used for the benefit of society
  3. Memiliki kemampuan mengembangkan ilmu secara komprehensif untuk mengkomunikasikan pemikiran dan bekerjasama melalui penelitian dan pengabdian serta hasil karyanya kepada sejawat maupun masyarakat (lecture dan reseacher).

 

Adapun capaian pembelajaran lulusan mencakup sikap, kemampuan umum, keterampilan umum, dan ketrampilan khusus.

 

Info kontak:

 

Email:s3-ikg.fkg@ugm.ac.id

Tags

Share News

Related News
8 June 2024

FKG UGM Manages Waste? Aiming for Zero Waste Through Educational Videos

6 June 2024

Disability Accommodations at the Faculty of Dentistry, Universitas Gadjah Mada

8 May 2024

Encouraging Research Innovation, Faculty of Dentistry UGM Initiates Collaboration with Japanese Researchers

en_US