Search
Close this search box.

News

/

Latest News

Dosen FKG UGM Manfaatkan Bahan Alam untuk Biomaterial Kedokteran Gigi

Sebagai seorang dosen sudah menjadi kewajiban untuk melakukan Tridarma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah penelitian. Penelitian dapat mendorong terciptanya inovasi baru yang bermanfaat bagi banyak orang.

Dosen Departemen Ilmu Biomaterial Kedokteran Gigi (IBKG) terlibat aktif dalam hibah penelitian dana masyarakat tahun 2024. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Maret hingga Desember 2024.

Beberapa fokus penelitian penggunaan material baru dan inovatif dari bahan alam, diantaranya penggunaan serat sutera sebagai endodontic post, pemanfaatan ekstrak tumbuhan seperti kulit batang jambu mete dan daun salam sebagai bahan kumur pembersih stain dan antibakteri, dan sebagainya.

Skema penelitian ini terdapat beberapa jenis diantaranya skema penelitian murni, literature review, dan skema tugas akhir.

drg. Friska Ani Rahman, MDSc sebagai salah satu dosen pada departemen ini menyatakan fokus penelitian adalah pada eksplorasi penggunaan material baru dan inovatif dari bahan alam, diantaranya penggunaan serat sutera sebagai endodontic post, pemanfaatan ekstrak tumbuhan seperti kulit batang jambu mete dan daun salam sebagai bahan kumur pembersih stain dan antibakteri, dan sebagainya.

Dosen departemen IBKG melibatkan berbagai departemen klinis di FKG UGM serta mahasiswa program studi S1, S2, dan S3 dalam penelitian. Penelitian ini sebagai proses untuk menghasilkan inovasi bahan biomaterial yang dapat diterapkan dalam bidang kedokteran gigi. Disisi lain pelibatan mahasiswa dalam penelitian sebagai sarana untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mendukung tugas akhir.

“Penelitian ini sangat penting untuk kemajuan ilmu kedokteran gigi di Indonesia, khususnya bidang Ilmu Biomaterial KG yang saya geluti, terutama dalam mendukung praktik kedokteran gigi yang lebih baik dan lebih inovatif,” ucap drg. Mutiara Annisa, MDSc pada Rabu (21/8). Ia juga menambahkan melalui kolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu dapat memperluas perspektif dan menciptakan solusi yang lebih komprehensif.

Setiap tahunnya, seluruh dosen di Departemen IBKG berkontribusi dalam program ini, yang telah menghasilkan sejumlah karya ilmiah berkualitas dan dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional. 

Program penelitian ini diharapkan terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu dan teknologi di bidang kedokteran gigi dan biomaterial, sekaligus memperkuat posisi UGM sebagai salah satu pusat riset terkemuka di Asia Tenggara. 

Kontributor: drg. Mutiara Annisa, MDSc | Penulis: Pram | Editor: Fajar Budi H.

Tags

Share News

Related News
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

en_US