Search
Close this search box.

News

/

Latest News

FKG UGM Gencar Lakukan Edukasi dan Pemeriksaan Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) berikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kepada para siswa MAN 3 Sleman. Edukasi ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Kamis (08/08) di acara Heldovema #6. 

Dalam kesempatan tersebut, drg. Friska Ani Rahman, MDSc yang bertugas sebagai penyuluh mengatakan, menjaga kesehatan gigi bukan hanya sekadar rutinitas, melainkan investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. “Menyikat gigi minimal dua kali sehari, terutama setelah sarapan dan sebelum tidur, merupakan langkah dasar yang sangat penting. Namun, yang tak kalah penting adalah melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali,” kata drg. Friska.

Sebanyak 114 siswa MAN 3 Sleman diperiksa kondisi mulut dan giginya. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sebagian siswa membutuhkan tindakan lanjutan seperti penambalan gigi dan pembersihan karang gigi. “Perawatan gigi perlu segera dilakukan secara berkala untuk mencegah masalah yang lebih serius di masa depan,” tegas drg. Friska.

Di akhir edukasinya, drg. Friska mengajak kepada seluruh siswa untuk terus menjaga kebersihan gigi dan mulut serta tidak ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi secara berkala. Kesehatan gigi yang terjaga dengan baik akan berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik dan mendukung tercapainya tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pilar ketiga (Good Health and Well-Being), di mana kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian integral dari kesehatan secara menyeluruh. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya perawatan kesehatan gigi di kalangan siswa dapat meningkat, serta mendorong perilaku hidup sehat yang berkelanjutan di kalangan generasi muda.

Penulis: Pram | Editor: Fajar Budi H.

Tags

Share News

Related News
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

en_US