Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) menyelenggarakan kegiatan penunjang akademik yang berfokus pada pengenalan layanan perpustakaan dan strategi scoping review, Jumat (27/9/2024).
Dalam kegiatan ini, Desy Natalia Anggorowati, SIP, selaku perwakilan dari Perpustakaan FKG UGM, memaparkan beragam layanan yang tersedia untuk mendukung aktivitas akademik mahasiswa. “Kami menyediakan akses ke jurnal nasional dan internasional, serta layanan Turnitin untuk pengecekan plagiarisme. Selain itu, mahasiswa juga bisa menggunakan OPAC untuk mencari koleksi buku dan menggunakan perpustakaan digital,” ujar Desy dalam sesinya.
Sementara itu, Dra. Ngesti Gandini, M.Hum dari FK-KMK UGM, memberikan materi tentang strategi penelusuran informasi yang efektif, terutama dalam mendukung penelitian berbasis scoping review. Menurutnya, mahasiswa perlu memahami cara menelusuri informasi secara sistematis agar dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas. “Strategi penelusuran yang baik sangat penting, terutama dalam proses scoping review, yang merupakan salah satu metode penting dalam literatur ilmiah,” jelasnya.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi mahasiswa, terutama dalam mengoptimalkan penggunaan fasilitas perpustakaan yang ada di FKG UGM. Mahasiswa juga diajak untuk lebih memahami berbagai layanan pendukung, seperti akses ke jurnal ilmiah dan fasilitas untuk mencari literatur yang relevan dengan penelitian mereka.
Pengenalan layanan ini diharapkan dapat mendukung mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat, sesuai dengan standar akademik internasional. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) tujuan ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas.
Dengan meningkatnya literasi informasi dan akses terhadap sumber daya akademik yang lebih luas, diharapkan mahasiswa mampu berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan yang inklusif dan berkelanjutan. Kolaborasi antara FKG UGM dan FK-KMK UGM dalam kegiatan ini menunjukkan pentingnya peran perpustakaan sebagai pusat pembelajaran yang mendukung penelitian dan pendidikan yang berkelanjutan.
Penulis: Desy Natalia, Pram