Selasa (3/12/2024), Program Studi Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) melakukan penyusunan rencana tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran untuk Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Proses monitoring dan evaluasi telah diselesaikan oleh Tim Koordinasi Semester Program Studi Periodonsia FKG UGM dan telah terkumpul umpan balik dari mahasiswa mengenai proses pembelajaran dan praktikum yang telah dilaksanakan selama semester ini.
Pada evaluasi dan monitoring, diketahui bahwa mahasiswa memberikan beberapa masukan antara lain mengusulkan untuk menambah praktikum mengenai uji statistik, tata laksana dan pengambilan keputusan pada penyakit periodontal, teknik bedah periodontal kompleks dan implan.
Selain itu, mahasiswa mengusulkan agar pengaturan jadwal agar lebih tepat waktu serta kebutuhan untuk update alat bahan terkini. Dalam penulisan karya ilmiah, mahasiswa berharap prodi meningkatkan pendampingan penulisan.
Dari hasil evaluasi ini, Program Studi Periodonsia berencana akan melakukan beberapa tindak lanjut antara lain:
- Mengadakan praktikum/skills lab Bedah Periodontal sesuai dengan kurikulum.
- Pengaturan jadwal perkuliahan dengan dosen dari luar prodi sejak awal dimulainya perkuliahan melalui kontrak pembelajaran.
- Melibatkan residen dalam perencanaan update alat dan bahan periodontal terkini.
- Meningkatkan partisipasi alumni dalam update pengetahuan dan peningkatan skill.
- Pendampingan penulisan karya ilmiah secara terstruktur dengan output berupa naskah publikasi.
“Semoga rencana tindak lanjut ini berjalan lancar dan memperoleh hasil terbaik untuk Prodi Periodonsia di masa depan,” ujar Ketua Program Studi Spesialis Periodonsia FKG UGM, drg. Kwartarini Murdiastuti, Sp.Perio., Subsp.R.P.I.D (K), Ph.D.
Dengan begitu, sosialisasi ini tentunya sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 4 (Pendidikan Berkualitas) di mana umpan balik aktif mahasiswa sangat bermanfaat untuk mewujudkan komitmen FKG UGM untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.
Penulis: drg. Rezmelia Sari, MSc., Sp.Perio., SubSp. R.P.I.D (K) & Pram