Search
Close this search box.

Berita

/

Pengumuman

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis FKG UGM Semester Gasal TA 2020/2021

Berikut perubahan terbaru agenda pendaftaran mahasiswa baru Program Studi Dokter Gigi Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi UGM tahun ajaran 2020/2021

[pdf-embedder url=”http://fkg.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/30/sites/1045/2020/04/SURAT_EDARAN_WRPPK_NOMOR_1690_TAHUN_2020-3.pdf” title=”SURAT_EDARAN_WRPPK_NOMOR_1690_TAHUN_2020″]

Kegiatan

Pelaksanaan

Pendaftaran online dan unggah dokumen 13 Februari –2 Juli 2020
Pembayaran biaya pendaftaran Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
Penerimaan dokumen lain (proyeksi keinginan dan draft proposal/tulisan esai) di Program Studi tujuan 13 Februari –15 Juli 2020
Pelaksanaan tes substansi oleh Program Studi tujuan (apabila ada) s.d. 18 Juli 2020
Pengumuman hasil seleksi 23 Juli 2020 Pukul 22.00 WIB
Registrasi online bagi yang diterima 23 – 27 Juli 2020
Pengumuman hasil verifikasi registrasi dan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) 28 Juli 2020
Periode pembayaran UKT 28-30 Juli 2020
Pencetakan Bukti Registrasi (di akun) 3 Agustus 2020 mulai pukul 22.00 WIB
Pengambilan jas dan foto untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sesuai jadwal masing-masing
Mulai kegiatan akademik Akan diumumkan kemudian

 

Syarat Pendaftar Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis FKG UGM TA 2020/2021

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta Program Pendidikan Dokter  Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi UGM adalah sebagai berikut:

No. Berkas Pendaftaran Daftar Online Dikirim
1. Ijazah pendidikan S1 dan Dokter Gigi; Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
2. Transkrip nilai pendidikan S1 dan Dokter Gigi, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
3. Daftar Riwayat Hidup Fotokopi 2 rangkap
4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
5. Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi akademik:

Jenis Keterangan
PAPs UGM contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
TPDA PLTI contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
BAPPENAS contoh sertifikat BAPPENAS, klik disini
Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris

Jenis* Keterangan
AcEPT UGM contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
TOEP PLTI contoh sertifikat dan jadwal tes, klik disini
Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal pendaftar pada jenjang pendidikan sebelumnya, misalnya Dosen Pembimbing Akademik, Dosen lainnya atau atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
8. a.       Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Spesialis yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);

b.       Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dengan dilengkapi fotokopi bukti daftar.

Softcopy pdf

 

 

 

 

 

Fotokopi 2 rangkap

 

 

 

 

Fotokopi 2 rangkap

9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini); Softcopy pdf

 

Fotokopi 2 lembar
10. Pendaftar untuk Prodi Ortodonsia, Prodi Konservasi Gigi dan Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial minimal selama satu tahun mempunyai pengalaman kerja klinik dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja; Fotokopi 2 lembar
11. Pendaftar untuk Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial, pada saat seleksi usia maksimal calon mahasiswa 35 tahun
12. Surat Keterangan Berbadan Sehat Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
13. Surat Keterangan Catatan Kepolisian Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
14. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar

 

  1. Pendaftaran secara online melalu website um.ugm.ac.id
  2. Berkas pendaftaran dibuat rangkap 2 (dua) oleh calon peserta, diserahkan ke sekretariat PPDGS FKG UGM
  3. Informasi lebih lanjut hubungi (0274) 547130

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
18 November 2024

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktoral FKG UGM 2024/2025

8 Juni 2024

FKG UGM mengelola sampah? menuju Zero Waste melalui video edukasi

6 Juni 2024

Akomodasi Disabilitas di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

id_ID