Selasa (24/9/2024), Interdisciplinary Dentistry Skills Development Center (iDSDC) mengadakan simulasi internal akreditasi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Acara ini merupakan bagian dari upaya iDSDC untuk memenuhi Standar Pendidikan Nasional dan mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terkait dengan Pendidikan Kualitas (Tujuan 4).
Simulasi internal akreditasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa unit pendidikan dan pelatihan iDSDC dapat memenuhi standar yang tinggi dalam menyediakan pendidikan dan pelatihan berkualitas.
Dengan demikian, iDSDC dapat meningkatkan reputasinya dan memastikan bahwa peserta, baik itu tenaga medis, tenaga kesehatan, akademisi, peneliti, atau praktisi lain dapat meningkatkan kompetensinya dan berkontribusi dalam bidang kesehatan bagi masyarakat Indonesia.
Hadir dalam kegiatan ini, Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQUA., dan Ni Luh Putu Eka Putri Andayani, S.KM., M.Kes. sebagai narasumber/asesor dari Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKMK FK-KMK UGM).
Pada acara ini, tim asesor melakukan penilaian terhadap berbagai aspek, termasuk kurikulum, fasilitas sarana prasarana, dan sistem manajemen mutu. Tim iDSDC juga melakukan simulasi akreditasi, mulai dari pemaparan tentang iDSDC, wawancara, hingga pengecekan dokumen.
“Simulasi akreditasi ini membuat tim iDSDC menjadi lebih terpacu untuk memperbaiki diri dan meningkatkan pemahaman, serta menyempurnakan borang akreditasi iDSDC guna mengoptimalisasi akreditasi dengan Direktorat Mutu Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ujar drg. Iffah Mardhiyah, M. Biomed, salah satu tim iDSDC.
Dengan meningkatkan kualitas pendidikan, iDSDC berkontribusi langsung pada pencapaian Tujuan 4 (Pendidikan Berkualitas). Pendidikan berkualitas adalah kunci untuk mengembangkan kemampuan individu dan masyarakat, sehingga mereka dapat berkontribusi pada kemajuan sosial dan ekonomi.
Simulasi internal akreditasi yang dilakukan oleh iDSDC merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung tujuan SDGs. Dengan fokus pada kualitas pendidikan, iDSDC berharap dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik.
Penulis: Pram | Foto: Fajar Budi H.