Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

INOVIA dan Musin Lele antar FKG UGM raih Kedaireka Matching Fund 2024

Program Kedaireka Matching Fund merupakan program padanan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan dana padanan dari pemerintah terhadap dana dan sumber daya yang disediakan oleh pihak mitra untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat yang berkelanjutan dan saling menguntungkan. Program ini bertujuan untuk mendorong kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak mitra dengan perguruan tinggi sesuai dengan skema yang ditentukan

Pada tahun 2024, beberapa inovator telah mengajukan proposal mereka dalam Program Kedaireka. Di antara mereka, dua proposal terpilih sebagai pemenang:

  1. Dr. drg. Indra Bramanti, M.Sc., Sp.KGA., K-PKOA dengan judul INOVIA “Innovation of View and Auditory“, sebuah alat bantu berbasis virtual reality untuk mengurangi rasa takut anak-anak saat menjalani perawatan gigi.
  2. drg. Hendri Susanto, M.Kes., PhD., Sp.PM dengan judul Saliva Buatan Berbasis Musin Ikan Lele (Clarias sp) untuk Merawat Kondisi Mulut Kering.

Selain dua pemenang tersebut, terdapat tiga finalis lainnya yang juga mengajukan proposal inovatif:

  1. Dr. drg. Archadian Nuryanti, M.Kes – Nanospray “Herro-galut” dari daun pandan wangi, minyak atsiri bunga cengkih, dan kitosan untuk pengobatan luka mulut.
  2. Drg. H. Dedy Kusuma Y., M.Biotech., Ph.D – TerMa, alat simulator rongga mulut.
  3. dr. Dyah Listyarifah, M.Sc., D.Med.Sci. – I-BOX, alat pencitraan portable untuk sampel penelitian.

Dengan mengikuti kegiatan seperti salah satunya Kedaireka, FKG UGM berkomitmen untuk mendukung dan mempromosikan inovasi dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Para pemenang dan finalis diharapkan dapat membawa perubahan positif dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pilar ketiga (Good Health and Well Being), keempat (Quality Education), kedelapan (Decent Work and Economic Growth), kesembilan (Industry, Innovation, and Infrastructure), keduabelas (Responsible Consumption and Production), dan ketujuhbelas (Partnership and The Goals).

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID