Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

Workshop SIOBA Prodi S2 Ilmu Kedokteran Gigi UGM

Prodi Magister (S2) Ilmu Kedokteran Gigi FKG UGM mengadakan Workshop Inisiasi Pembuatan Portofolio SIOBA pada Rabu 22 Mei 2024. Kegiatan dihadiri oleh dosen-dosen dari Prodi S2 Ilmu Kedokteran Gigi.

Sistem Informasi Outcome Based Assesment (SI-OBA) merupakan satu sistem yang dikembangkan UGM untuk memfasilitasi pengelola program studi dan dosen pengampu mata kuliah dalam mengolah hasil capaian pembelajaran mahasiswa dengan beberapa indikator yang telah ditentukan dalam Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS).

Inisiasi penyusunan portofolio melalui SIOBA diselenggarakan oleh dosen homebase Prodi Magister Ilmu Kedokteran Gigi FKG UGM dengan menghasilkan 7 Portofolio. Hasil evaluasi ini menunjukkan pendidikan berbasis hasil pada Prodi Magister Ilmu Kedokteran Gigi dapat mendukung capaian Prodi.

Prodi Magister (S2) Ilmu Kedokteran Gigi (IKG) Fakultas Kedokteran Gigi – Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu Prodi Pascasarjana memiliki komitmen yang kuat untuk menghasilkan Magister yang memiliki kompetensi handal serta dapat berperan serta secara aktif dalam pengembangan ilmu kedokteran gigi di tingkat nasional maupun internasional serta mampu mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya di tengah masyarakat. Upaya untuk mewujudkan tujuan visi misi dan tujuan Prodi antara lain dengan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran secara terus menerus. 

Pendidikan Berbasis Hasil (Outcome Based Education) merupakan pendekatan dalam pendidikan yang berfokus pada hasil pembelajaran yang diharapkan. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui SIOBA (Sistem Informasi Outcome Based Assessment). Sistem ini bertujuan untuk membantu evaluasi proses pembelajaran berbasis penilaian terhadap capaian mahasiswa. Hasil evaluasi tertuang dalam portofolio yang ini diharapkan dapat memperbaiki proses belajar secara berkelanjutan serta terciptanya kualitas pembelajaran yang baik dan saling menunjang antara dosen dengan mahasiswa.

Hal yang dilakukan Prodi Magister Ilmu Kedokteran Gigi FKG UGM akan mendukung pencapaian Prodi serta dapat berkontribusi pada pencapaian SDGs Tujuan 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan Tujuan 16 tentang Membangun Kelembagaan yang Tangguh. Berbagai inisiatif dan program yang dirancang dengan pendekatan Outcome Based Education dapat mendukung penyediaan pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua.

Sustainable Development Goals (SDGs) #Pendidikan Berkualitas #Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID