Search
Close this search box.

Dosen

/

Bekti Nur’aini, S.Kp.G., M.P.H.

Bekti Nur’aini, S.Kp.G., M.P.H.

bekti.nur.a@mail.ugm.ac.id

Bekti Nur’aini, S.Kp.G., M.P.H. yang kerap disapa Bu Bekti adalah seorang dosen di Departemen Biomedika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM). Perjalanan akademisnya dimulai dengan menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di Program Studi Ilmu Keperawatan Gigi FKG UGM pada tahun 2013. Tak lama setelah itu, ia memperdalam pemahamannya dengan meraih gelar magister dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM pada tahun 2018.

Saat ini Bu Bekti menekuni topik riset di bidang mikrobiologi. Pengalaman risetnya antara lain terkait dengan bidang higiene gigi, kesehatan lingkungan, dan kesehatan masyarakat yang melibatkan kelompok rentan seperti lansia dan anak prasekolah. Dirinya terlibat dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mulai dari program promosi kesehatan gigi di anak sekolah hingga lansia. 

Bu Bekti aktif dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, salah satu wujudnya adalah pada tahun 2021 ia tergabung dalam tim yang berhasil mendapatkan hibah pengembangan MOOC UGM melalui e-learning: open for knowledge sharing (eLOK). Selain itu dirinya juga tergabung dalam tim pengabdian masyarakat lintas disiplin ilmu yang meraih Hibah Dana Masyarakat dari DPKM UGM pada tahun 2023. Tidak hanya aktif dalam lingkup pendidikan tinggi, Bu Bekti juga memberikan kontribusi dalam tim akreditasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UGM Prof. Soedomo. 

Keinginan Bu Bekti untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif dalam penelitiannya juga tercermin dalam prestasinya di kancah nasional saat di bangku kuliah. Bersama timnya, ia berhasil meraih penghargaan tertinggi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2013. Timnya meraih penghargaan medali emas untuk kategori poster PKM Karya Cipta melalui penciptaan robot inovatif bernama Del-Arm atau Dental Light Arm. Robot ini tidak hanya menjadi produk teknologi canggih, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pelayanan kesehatan gigi. Prestasi ini menjadi bukti konkret dari dedikasi Bu Bekti dalam menggabungkan ilmu pengetahuan dan kreativitas untuk kesejahteraan masyarakat.

Bidang Keahlian

DENTAL HYGIENE/MEDICAL AND HEALTH SCIENCES/ ENVIRONMENTAL AND OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY/ PUBLIC HEALTH AND HEALTH SERVICES

Publikasi

id_ID