Search
Close this search box.

Dosen

/

Budi Rodestawati, S.Kp.G, M.P.H.

Budi Rodestawati, S.Kp.G, M.P.H.

budi.rodesta@ugm.ac.id

Budi Rodestawati, S.Kp.G., M.P.H, merupakan dosen tetap di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) sejak tahun 2021, dan bergabung di Departemen Biologi Oral sejak tahun 2024. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Keperawatan Gigi (S.Kp.G) dari FKG UGM pada tahun 2013, dan memperoleh gelar Master of Public Health (M.P.H.) dengan peminatan Perilaku dan Promosi Kesehatan dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM pada tahun 2019. 

Beliau aktif dalam menjalankan kegiatan Tri Dharma Pendidikan. Pada tahun 2022, beliau telah mengembangkan inovasi pembelajaran melalui hibah MOOC (Massive Open Online Course) dari DKIA UGM bersama dengan tim dosen FKG UGM. Pada tahun 2023, beliau juga aktif terlibat dalam pengabdian Masyarakat berbasis Desa Binaan melalui Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat  bertajuk “Optimasi Peran Masyarakat Melalui Pengembangan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) Menuju Desa Siaga Mandiri” bersama tim lintas disiplin ilmu di Universitas Gadjah Mada.

Di bidang penelitian, beliau aktif dalam melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah. Minat risetnya terfokus pada hubungan antara faktor perilaku kesehatan oral dengan kondisi oral dan sistemik, dengan bidang kajian terkait oral health behavior, oral health intervention in health promotion, oral hygiene and oral health outcome pada populasi rentan, seperti lansia, anak pra sekolah, dan anak usia sekolah. 

Budi Rodestawati juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan di lingkungan Universitas. Beliau merupakan Ketua Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di RSGM UGM Prof. Soedomo sejak tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu, beliau juga tergabung sebagai anggota Tim HPU (Health Promoting University) Senyum FKG UGM pada Divisi Kesehatan Mental. Bersama dengan tim HPU, beliau berperan aktif dalam mempromosikan kesehatan, khususnya kesehatan mental di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

Bidang Keahlian

DENTAL HYGIENE/MEDICAL AND HEALTH SCIENCES/ HEALTH PROMOTION/ PUBLIC HEALTH AND HEALTH SERVICES

Publikasi

id_ID