Search
Close this search box.

Dosen

/

Christia Aye W.V., S.Kp.G., M.DSc

Christia Aye W.V., S.Kp.G., M.DSc

waindy.vega@ugm.ac.id

Christia Aye Waindy Vega, S.Kp.G., MDSc adalah staf dosen di Departemen Biomedika Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada (FKG UGM). Christia menyelesaikan pendidikan Sarjana Keperawatan Gigi (S.Kp.G) pada tahun 2013 di FKG UGM. Christia memperoleh gelar Master of Dental Science (MDSc.) pada tahun 2019 dari FKG UGM dengan topik tesis tentang hubungan kondisi oral dengan sistemik. Hingga kini ia masih menekuni topik riset tersebut. 

Sebagai seorang dosen, Ia tidak hanya menyampaikan materi secara mendalam kepada mahasiswa, tetapi juga aktif terlibat dalam penelitian ilmiah. Minat riset Christia adalah oral health and systemic health. Penelitian yang pernah dilakukannya antara lain kajian tentang oklusi gigi, kesehatan gingiva, oral hygiene, oral health behavior, nutrition, dan physical fitness. Penelitian yang ia lakukan selama ini sejalan dengan peta jalan (road map) penelitian yang telah ditetapkan oleh FKG UGM dan Program Studi Higiene Gigi, yakni membidik populasi rentan seperti populasi lansia.

Keaktifan Christia tidak hanya terbatas pada lingkungan akademis. Ia juga berperan sebagai agen perubahan dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Lebih dari 3 kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan kelompok sasaran dari berbagai rentang usia ia ikuti setiap tahunnya. Pada tahun 2023, ia tergabung dalam tim pengabdian masyarakat lintas disiplin ilmu yang berhasil meraih Hibah Dana Masyarakat dari DPKM UGM dengan tema pengabdian “Optimasi Peran Masyarakat Melalui Pengembangan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) Menuju Desa Siaga Mandiri.” 

Christia saat ini ditugaskan sebagai Ketua Divisi Promosi Kesehatan dari HPU (Health Promoting University) Senyum FKG UGM. Dalam peran ini, ia bersama tim berperan aktif dalam mempromosikan kesehatan dan memberdayakan komunitas mahasiswa serta membangun budaya kesehatan di lingkungan kampus. Dedikasinya dalam bidang Tri Dharma: akademis, penelitian, dan pengabdian masyarakat, menjadi bukti konkret kiprahnya dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

Bidang Keahlian

Dental Hygiene/Dental Health Promotion/Preventive and Community Dentistry

Publikasi

id_ID