Search
Close this search box.

Dosen

/

Dr. drg. Ananto Ali Alhasyimi, MDSc., Sp.Ort.

Dr. drg. Ananto Ali Alhasyimi, MDSc., Sp.Ort.

anantoali@ugm.ac.id

Dr. drg. Ananto Ali Alhasyimi, MDSc, Sp.Ort, merupakah seorang dosen serta peneliti yang menjabat sebagai Associate Professor dengan peminatan dan keahlian di bidang Orthodontic Growth and Development dan bidang Retention and Relapse di Departemen Ortodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Beliau juga merupakan seorang praktisi dokter gigi spesialis ortodonsia yang aktif berpraktik di Yogyakarta. Dr. Ananto berhasil meraih gelar dokter gigi (drg.) pada tahun 2012. Tak lama berselang, beliau melanjutkan studinya dengan meraih gelar Master of Dental Science (M.DSc.) hanya dalam waktu 1 tahun, kemudian melanjutkan pendidikan Doktoral (Dr.) dalam waktu kurang dari 3 tahun, dan selanjutnya pendidikan Spesialis Ortodonti (Sp.Ort.) dalam waktu 2,5 tahun, semuanya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. Dalam setiap tingkatan pendidikannya, Dr. Ananto berhasil lulus dengan predikat pujian (cumlaude), mencerminkan kecemerlangan akademis yang mumpuni dalam perjalanan karirnya.

Menjabat sebagai kepala unit publikasi FKG UGM sekaligus tim percepatan QS. World University Rangkings UGM, Dr. Ananto merupakan seorang peneliti yang sangat produktif dan inovatif dengan menunjukkan dedikasinya melalui publikasi ilmiah yang intensif dan beragam. Selama bertahun-tahun, Dr. Ananto telah menyumbangkan puluhan karya ilmiah berkualitas yang diakui dunia dalam jurnal ilmiah bereputasi internasional. Salah satu publikasi ilmiah terbaru beliau berjudul “Effectiveness of The Attachment Design and Thickness of Clear Aligners During Orthodontic Anterior Retraction: Finite Element Analysis” telah berhasil terbit pada tahun 2023 di European Journal of Dentistry dengan indeks Quartile 1 (Q1) oleh SCOPUS. Contoh lain dari publikasi beliau yang berjudul “The Use of Polymers to Enhance Post-Orthodontic Tooth Stability” yang terbit di Journal Polymers pada tahun yang sama juga terindeks SCOPUS pada Quartile 1 (Q1). Dr. Ananto juga aktif melakukan riset-riset unggulan yang mendapatkan pendanaan (hibah) oleh institusi-institusi ternama seperti DAMAS FKG UGM, SIMLITABMAS dan RTA UGM, dan saat ini dipercayakan sebagai Key Opinion Leader (KOL) Damon Bracket System di Indonesia.

Dr. drg. Ananto Ali Alhasyimi, MDSc, Sp.Ort memiliki beragam prestasi dan penghargaan yang menunjukkan kiprahnya yang luar biasa di kancah nasional maupun internasional. Pada tahun 2017, beliau berhasil meraih juara dalam kompetisi penulisan ilmiah yang diselenggarakan oleh Dental Journal Surabaya pada tahun 2017. Pada tahun 2018, beliau mendapat penganugerahan sebagai juara dalam “Young Investigator Award International Association of Dental Research” di Vietnam dan berhasil memenangkan kompetisi poster yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ortodontis Indonesia pada tahun 2019. Pencapaiannya semakin mengagumkan saat sebuah artikel ilmiah yang beliau tulis mendapatkan pengakuan sebagai “Top Cited Paper” di jurnal Orthodontic & Craniofacial Research oleh Wiley Publishers dari Amerika Serikat pada tahun 2020. Di tahun 2021, beliau meraih posisi runner-up pada sebuah konferensi internasional di Universitas Brawijaya dan juga menjuarai kompetisi laporan kasus klinis yang diadakan di Korea Selatan. Lanjut pada tahun 2022, Dr. Ananto kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan kompetisi poster serta presentasi oral yang digelar pada acara Ortodonti nasional dan juga di konferensi Universitas Brawijaya. Prestasi terbaru beliau di tahun 2023 adalah mendapat penganugerahan sebagai dosen berprestasi dari Universitas Gadjah Mada, yang semakin mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu tokoh terkemuka di bidang Ortodonti di Indonesia

Namun demikian diantar sederetan prestasi dan disela-sela kesibukannya sebagai akademisi sekaligus klinisi, Dr.Ananto senantiasa menyempatkan diri dan hobi untuk berolahraga dan mengunjungi pusat kebugaran (gym) untuk mendukung Health Promoting University yang dicanangkan Universitas Gadjah Mada yakni upaya untuk meningkatkan perilaku sehat dosen, staf kependidikan, dan mahasiswa sehingga dapat lebih produktif dan berkualitas.

Publikasi

id_ID