Search
Close this search box.

Dosen

/

Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes.

Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes.

Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes. menjadi dosen tetap Departemen Biologi Oral, Fakultas Kedokteran Gigi UGM sejak tahun 1997. Beliau menyelesaikan Pendidikan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada sejak jenjang Sarjana dan Profesi dokter gigi (1995), Master (2001) serta Doktor (2015). Predikat Mahasiswa Berprestasi didapatkannya saat Pendidikan Sarjana, dan predikat cum laude diraihnya saat menyelesaikan program Master. 

Sebagai peneliti, beliau pernah menerima hibah RISBIN-IPTEKDOK pada tahun 1998. Pada bulan November 2013 – Januari 2014, beliau mendapatkan hibah Fujii-Otsuka Research Exchange Program untuk melakukan penelitian di di Dental School Tokushima University, Japan. Keminatan penelitian beliau adalah mengenai jaringan keras rongga mulut dan biopatologi penyakit periodontal serta efeknya pada kondisi sistemik. Penelitian-penelitian ilmiah telah dipublikasikan di jurnal-jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional. 

Di bidang pengabdian kepada masyarakat, beliau banyak diminta sebagai pembicara maupun moderator pada kegiatan seminar maupun webinar baik nasional maupun regional wilayah Asia. Tema yang sering dipresentasikan adalah seputar kesehatan gigi dan mulut serta pengetahuan mengenai kanker. Pada tahun 2021 beliau menjadi pembicara pada Webinar “Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Peningkatan Pendampingan bagi Para Survivor Kanker Pekerja Migran Indonesia di Shelter Peduli Kasih Hongkong” yang diselenggarakan oleh Yayasan Peduli Kasih Hongkong bekerja sama dengan Konsulat Indonesia di Hongkong, Yayasan Kanker Indonesia cabang DIY serta Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) cabang Yogyakarta, dengan viewers webinar mencapai 2600 orang. Beliau aktif sebagai dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata UGM sejak tahun 2018 hingga kini. Selain itu, hingga kini beliau rutin menulis di media massa mengenai kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat umum. 

Beliau menjadi sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Gigi FKG UGM periode tahun 2016-2020, dan Prodi Doktor IKG merupakan homebase beliau hingga saat ini. Sejak tahun 2020 hingga sekarang, beliau menjabat Ketua Departemen Biologi Oral. Perhatian dan kepedulian beliau terhadap mahasiswa ditunjukkan dengan aktivitasnya sebagai pendamping mahasiswa (student counsellor) sejak tahun 2010. Beliau merupakan anggota tim Health Promoting Unit FKG UGM dan ditunjuk sebagai koordinator bidang kesehatan mental. Sejak tahun 2017 beliau menjadi fasilitator Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM.

Beliau mempunyai minat dan bakat yang besar di bidang seni musik dan seni tulis. Beliau meraih Juara 1 lomba puisi Dies Natalis UGM ke 72 tahun 2021. Pada tahun 2023, beliau menjadi Juara 3 Lomba Cipta Lagu bernuansa UGM dalam rangka Dies UGM ke 74. Beliau adalah Pembina Dentachestra dan Dentasvara, kelompok orkes dan paduan suara mahasiswa FKG UGM.

Publikasi

id_ID