Search
Close this search box.

Dosen

/

Dr. drg. Anne Handrini D., M.Kes.

Dr. drg. Anne Handrini D., M.Kes.

anne_ikgd@ugm.ac.id

Dr. drg. Anne Handrini Dewi, M.Kes merupakan dosen di Departemen Biomedika Kedokteran  Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada. Lulus sebagai Dokter Gigi pada  tahun 1996 dan mendapatkan gelar S2 dari Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis dalam minat  Anatomi di Fakultas Kedokteran, UGM pada tahun 2004. Mata kuliah yang diampu untuk S1  terutama dibidang Anatomi dan Histologi. Sebagai tim pengajar di Prodi S2 Kedokteran Gigi dalam mata kuliah metodologi penelitian serta di Prodi IKGK khususnya untuk Pendidikan  Spesialis Prosthodonsia di bidang Anatomi. 

Lulus sebagai Doktor dari Prodi S3 Kedokteran  Gigi, UGM pada tahun 2021 dengan predikat pujian (cumlaude) dan lulus tepat waktu. Pada  tahun yang sama Dr. Anne menjabat sebagai Kepala Laboratorium Anatomi Kedokteran Gigi  sekaligus sebagai Kepala Laboratorium Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Gigi UGM sejak  tahun 2022 hingga sekarang. Bidang riset yang digeluti sejak 10 tahun terakhir dalam bidang rekayasa jaringan serta penelitian dasar di bidang Biomedika. Dr Anne aktif dalam penulisan  manuskrip yang sudah diterbitkan secara internasional pada beberapa jurnal ternama (Q3-Q1) seperti Journal of Biomedical Materials Research Part A (Q1), Heliyon (Q1), International  Journal of Technology dan Natural Product Communications (Q3). 

Selain publikasi, Dr. Anne  juga aktif melakukan riset-riset unggulan yang mendapatkan pendanaan (hibah) tiap tahun oleh  institusi seperti DAMAS. Pada tahun 2023 salah satu prototype hasil penelitiannya yang  berjudul “Cinnacare Roll on : Antibakteri Cinnamaldehyde Sebagai Proteksi Masker  Kesehatan” berhasil didanai untuk dihilirkan oleh hibah nasional Kedaireka Matching Fund  tahun 2023 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. 

Tergabung dalam  komunitas Miracle of Breath Indonesia (MoBI) yang bergerak dalam bidang penyembuhan  diabetes dengan cara alami, Dr. Anne aktif dalam kegiatan penyuluhan kesehatan bagi  penederita diabetes dan ikut aktif dalam pembuatan buku untuk masyarakat umum sebagai  penyunting, antara lain buku “Strategi Atasi Diabetes Cara Alami” dan “Membuka Tabir:  Intermitten fasting, Autofagi, Dan Siklus Sirkadian”. 

Dalam kesehariannya Dr. Anne sangat menikmati kegiatan berkebun dan nonton film.

Bidang Keahlian

Medical and Health Sciences, Dentistry, Tissue Engineering

Publikasi

id_ID