Search
Close this search box.

Dosen

/

Dr. drg. Bernadetta Esti Chrismawaty, M.Kes., MD.Sc.

Dr. drg. Bernadetta Esti Chrismawaty, M.Kes., MD.Sc.

esti_chrismawaty_fkg@ugm.ac.id

Dr. drg. Bernadetta Esti Chrismawaty, M.Kes., MD.Sc. mendapatkan gelar dokter gigi di Fakultas Kedokteran Gigi UGM Yogyakarta pada tahun 1991, dan bergabung dengan Departemen Ilmu Penyakit Mulut sejak tahun 1993. Gelar Magister Kesehatan diperoleh pada tahun 2002 di Sekolah Pascasarjana UGM dan mendapatkan gelar Magister Dental Sains dari Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Klinik pada tahun 2012 di almamater. Pada tahun 2022, gelar Doktor diperoleh dari Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sejak tahun 1993 aktif dalam supervisi klinis mahasiswa kepaniteraan Penyakit Mulut dan Bedah Mulut, namun semenjak Bagian Ilmu Penyakit Mulut memisahkan diri dari Bagian Bedah Mulut beberapa tahun kemudian, supervisi klinis difokuskan pada identifikasi, penegakan diagnosis dan tata laksana penyakit jaringan lunak mulut pada pasien berbagai usia, tanpa atau dengan berbagai latar belakang medik sebagai penyulit. 

Selanjutnya turut aktif mengembangkan keilmuan Penyakit Mulut, dengan mengajar berbagai materi keilmuan dalam lingkup Oral Medicine bagi mahasiswa pendidikan dokter gigi dan mengembangkan materi klinik terkait ilmu penyakit mulut bagi mahasiswa pendidikan profesi. Semenjak tahun 2006, turut berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum kedokteran gigi secara umum dan penyakit mulut secara khusus. Pada tahun 2012 sampai saat ini, berperan aktif mengajar kesehatan dan penyakit mulut pada mahasiswa pendidikan dokter FKKMK UGM, sejak 2018 mengajar berbagai keilmuan penyakit mulut pada mahasiswa PSHG FKG-UGM. 

Mulai tahun  2022 mengajar dan menguji pada S2-S3 FKG dan FKKMK UGM.  Aktif dalam berbagai kegiatan Tri Dharma Pendidikan: pengabdian masyarakat, pertemuan ilmiah, penulisan ilmiah dan penelitian ilmiah  dengan fokus pada penyakit mulut, baik identifikasi dan penegakan lesi/kelainan oral, ketrampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan klinis dalam menetapkan tata laksana perawatan/manajemen pasien/rencana perawatan terkait keilmuan penyakit mulut. 

Sejak tahun 2012 sampai sekarang aktif terlibat sebagai panel pakar nasional Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) – Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG).

Bidang Keahlian

Patient Management in Oral Medicine

Publikasi

id_ID