Search
Close this search box.

Dekanat

/

drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D.

drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D.

triannautami@ugm.ac.id

drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D., adalah salah satu dosen yang menjabat sebagai Associate Professor dengan keahlian di bidang biologi molekuler kedokteran gigi dalam peminatan jaringan keras gigi, dan precision dentistry di Departemen Biomedika Kedokteran Gigi FKG UGM. Keahlian molekular biologi bidang didapatkan dari pendidikan doktoral di Graduate School of Oral Sciences, Tokushima University, Jepang. Saat ini drg. Trianna bertugas sebagai Wakil Dekan Bidang Penelitian, Kolaborasi dan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (2021-2026). Beliau juga bertugas di posisi yang sama pada periode dekanat 2016-2021.

drg. Trianna adalah salah satu anggota dewan redaksi Majalah Kedokteran Gigi Indonesia (MKGI) UGM sejak tahun 2017; anggota dewan redaksi Odonto, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang sejak tahun 2020; dewan redaksi Journal of Dentomaxillofacial Science, Universitas Hasanudin, Makasar. Berdasarkan keahliannya, beliau ditunjuk sebagai reviewer Inovasi dan Kajian Akademik, UGM sejak tahun 2014, dan pemegang sertifikasi reviewer penelitian nasional yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia, pada tahun 2019. Beliau mendapat penghargaan sebagai best presenter untuk tentang Kepemimpinan dan Pengembangan Kewirausahaan, dalam konferensi SEAADE ke-33, di Kamboja, 2022.

Sebagai peneliti yang produktif, setiap tahun beliau memperoleh cukup banyak dana hibah penelitian baik sebagai ketua peneliti maupun sebagai anggota peneliti. Antara lain program penelitian tahunan dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM, dari hibah penelitian Simlitabmas (2017-2019) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hibah Rekognisi Tugas Akhir UGM (2019), hibah Academic Excellence UGM (2023), serta hibah program dana padanan Kedaireka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2023. Selain penelitian, drg. Trianna juga aktif dalam pelayanan masyarakat, dan berupaya mengurangi kejadian karies dan gizi buruk pada anak-anak dengan mendorong perubahan pola makan melalui konsep kembali ke alam dalam precisicion dentistry, melalui pendekatan pendidikan kesehatan gigi yang relevan dengan peminatannya.

Selain publikasi di jurnal terindeks internasional dan nasional, drg. Trianna juga menerbitkan buku bersama UGM Press, Yogyakarta untuk menyebarkan ilmunya dengan judul: “Hilirisasi Riset: from bed to bench”. Ia juga telah mendapatkan paten berjudul “Pengolahan Daun Scorodocarpus Borneensis Menjadi Minyak Atsiri Penghambat Pertumbuhan Bakteri”. Saat ini drg. Trianna juga memegang hak cipta merek produk pemutih berbahan dasar alami lokal Indonesia.

Bidang Keahlian

Medical and Health Sciences, Medical Microbiology Not Elsewhere Classified, Medical Microbiology

Publikasi

id_ID