Pada akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024, Program Studi Spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) menyelesaikan proses monitoring dan evaluasi (monev) pembelajaran.
Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa mengenai efektivitas proses pembelajaran dan praktikum yang telah mereka jalani selama semester tersebut.
Melalui formulir online yang terdiri dari lima pilihan jawaban – mulai dari sangat setuju hingga tidak tahu – mahasiswa memberikan penilaian terhadap berbagai aspek pembelajaran.
Hasil evaluasi ini dipresentasikan dalam bentuk sosialisasi yang juga dapat diakses melalui platform YouTube Laporan TKS Prodi Periodonsia Genap TA 2023/2024, memastikan bahwa informasi dan umpan balik dapat disebarkan secara luas.
Berikut merupakan hasil monev beserta kritik dan saran untuk peningkatan yang berhasil dirangkum:
Kepuasan Umum Mahasiswa
Mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap proses pembelajaran. Dari hasil evaluasi, tujuh mahasiswa menyatakan sangat setuju bahwa kegiatan pembelajaran berjalan efektif, fasilitas yang tersedia memadai, mahasiswa memiliki kesempatan berpartisipasi aktif, dan transparansi sistem asesmen terjaga.
Selain itu, aspek-aspek seperti kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran serta ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan mendapatkan penilaian sangat setuju.
Penggunaan Media dan Materi Pembelajaran
Sebanyak enam mahasiswa menyatakan sangat setuju dan satu mahasiswa menyatakan setuju terkait media pembelajaran yang digunakan. Ini menandakan bahwa materi yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan capaian pembelajaran, sehingga metode pengajaran dinilai efektif oleh para peserta didik.
Masukan Mahasiswa untuk Peningkatan
Selain umpan balik positif, mahasiswa juga memberikan beberapa kritik dan saran untuk perbaikan. Di antaranya adalah usulan penambahan kuliah offline atau praktikum mengenai uji statistik serta kasus-kasus bedah periodontal kompleks.
Mereka juga meminta praktikum tambahan terkait teknik implan dan penanganan kasus periodontal yang berhubungan dengan penyakit sistemik.
Peningkatan Fasilitas dan Bimbingan
Beberapa mahasiswa mengharapkan peningkatan fasilitas pengerjaan kasus pasien dan pengadaan ruang operasional yang lebih memadai. Selain itu, ada masukan untuk memperbanyak pendampingan dosen dalam mendalami kasus dan penulisan laporan ilmiah.
Penyesuaian Jadwal dan Etika
Terdapat saran agar jadwal kuliah lebih terkoordinir, terutama bagi dosen yang berasal dari luar program studi. Di sisi lain, mahasiswa menilai materi perkuliahan yang diberikan dosen sudah baik, tetapi mereka merekomendasikan tambahan kuliah tentang pengambilan keputusan klinis dalam kasus periodontal serta etika di klinik.
Publikasi dan Penelitian
Mahasiswa juga menekankan pentingnya peningkatan bimbingan penulisan ilmiah, termasuk publikasi di jurnal, serta pengadaan langganan jurnal periodonsia berkualitas. Hal ini dianggap vital untuk mendukung kualitas penelitian di bidang periodonsia.
Pengabdian Masyarakat
Selain aspek akademik, mahasiswa mengusulkan agar kegiatan pengabdian masyarakat lebih sering melibatkan rumah sakit jejaring, guna memperluas jangkauan dan dampak positif kegiatan tersebut.
***
Ketua Program Studi Spesialis Periodonsia, drg. Kwartarini Murdiastuti, Sp.Perio., SubSp.R.P.I.D (K)., Ph.D, menegaskan bahwa “hasil evaluasi ini akan ditindaklanjuti untuk perbaikan proses pembelajaran di masa depan.”
Dengan demikian, program studi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam aspek kualitas pendidikan (Tujuan 4) dan peningkatan kesehatan (Tujuan 3).
Melalui evaluasi dan sosialisasi hasilnya, Prodi Periodonsia FKG UGM berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mendukung perkembangan kompetensi mahasiswanya.
Penulis: drg. Rezmelia Sari, MSc., Sp.Perio., SubSp. R.P.I.D (K)., Pram