Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

FKG UGM Selenggarakan Pelatihan Partikel Size Analyzer dan Zeta Potensial 

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) menggelar pelatihan penggunaan alat Particle Size Analyzer (PSA) dan Zeta Potensial, di Laboratorium Riset Terpadu (LRT) pada 22 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas kompetensi laboran.

Drg. Trianna Wahyu Utami, MDSc., Ph.D, selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama, menyatakan pelatihan ini dilakukan guna membantu peneliti memahami mengenai prinsip kerja dan fungsi alat, termasuk dalam persiapan sampel dan interpretasi data.

Narasumber pada kegiatan ini, Wiji Rahayu menyatakan Particle Size Analyzer (PSA) dan Zeta Potensial berguna untuk mengukur partikel dari nano hingga mikro serta analisis muatan partikel melalui zeta potensial. “Alat ini mampu mengukur partikel dari 0,3 nano hingga 10 mikro,” kata Wiji.

Instrumen ini memungkinkan analisis distribusi ukuran partikel secara intensitas, jumlah, serta volume, dengan dua jenis scattering angels, serta dilengkapi fitur yang menampilkan aggregation index dari sample. Hal tersebut memudahkan untuk membandingkan dan melakukan analisis  data hasil dari pengujian.  

Dalam konteks kedokteran gigi, Zetasizer digunakan untuk analisis biomaterial, penelitian saliva, dan evaluasi bahan restorasi serta sistem pengiriman obat. Pemahaman tentang potensi zeta penting untuk mengetahui interaksi bahan dengan jaringan, stabilitas dispersi, dan karakteristik lain yang krusial dalam pengembangan bahan dan terapi baru. 

Fakultas Kedokteran Gigi UGM rutin melakukan pelatihan guna meningkatkan kapasitas kemampuan sumber daya manusia. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan nantinya dapat mendorong inovasi penelitian di bidang kedokteran gigi.

Kontributor: Ari jimi Febriyanto | Penulis: Bagas Prakoso Dwianggoro 

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID