Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

3 Residen Ortodonsia FKG UGM Raih Juara pada OSCE di FKG UNAIR

Mahasiswa residen Program Studi Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) kembali mengukir prestasi membanggakan. Dalam Ujian Kompetensi Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia berbasis OSCE (Objective Structured Clinical Examination) yang digelar di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG UNAIR) pada Minggu, 14 Januari 2024, residen Ortodonsia FKG UGM berhasil meraih juara 2, 3, dan 4.

Ujian OSCE merupakan metode penilaian kompetensi klinis yang terstruktur dan objektif. Dalam konteks ortodonsia, ujian OSCE menguji kemampuan residen dalam melakukan berbagai prosedur klinis, seperti diagnosis kasus ortodonti, perencanaan perawatan, dan pelaksanaan tindakan ortodonti. Ujian ini mensimulasikan situasi klinis nyata, sehingga dapat mengukur kesiapan residen untuk praktik mandiri sebagai dokter gigi spesialis ortodonsia.

Prestasi ini ditorehkan oleh:

  • Juara 2: drg. Irene Sanita Lanny, MPH., Sp.Ort
  • Juara 3: drg. Aulia Ayub, Sp.Ort
  • Juara 4: Dr. drg. Niswati Fathmah Rosyida, M.DSc., Sp.Ort

Ujian Kompetensi Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia ini diikuti oleh residen dari berbagai universitas ternama di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Hasanuddin. Penilaian dilakukan oleh dosen dan guru besar dari berbagai universitas, termasuk Universitas Sumatera Utara dan Universitas Padjadjaran.

Kolegium Ikatan Ortodonti Indonesia bertindak sebagai penyelenggara ujian ini, dengan FKG UNAIR sebagai tuan rumah dan panitia lokal.

Prestasi dominan residen Ortodonsia FKG UGM ini menjadi bukti nyata keunggulan program pendidikan dan pelatihan yang diberikan oleh FKG UGM. Keberhasilan mereka diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus meningkatkan kompetensi dan berkontribusi dalam memajukan bidang ortodonsia di Indonesia.

Kontributor: drg. I Putu Arya Ramadhan

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID