Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

Departemen Periodonsia FKG UGM Rilis Film Dokumenter “Periodontitis: Pencuri Keperkasaan Gigi”

Departemen Periodonsia FKG UGM meluncurkan film dokumenter edukatif berjudul “Periodontitis: Pencuri Keperkasaan Gigi.” Film ini mengupas tuntas tentang periodontitis, suatu peradangan kronis pada jaringan periodontal yang dapat secara diam-diam menggerogoti kekuatan gigi. Film ini telah tayang pada Kanal Pengetahun FKG UGM.

Periodontitis adalah penyakit serius yang sering diabaikan. “Periodontitis termasuk silent disease yang secara diam-diam merusak jaringan pendukung gigi, menyebabkan gigi tanggal dan menurunkan kualitas hidup jika tidak segera ditangani. Jadi ibaratnya periodontitis itu seperti pencuri, yang mencuri kekuatan gigi” jelas drg. Kwartarini Murdiastuti, SpPerio, Subsp. R.P.I.D(K) Ph.D., yang menjadi narasumber dalam film dokumenter ini.

Film ini juga menghadirkan perspektif Ibu Siti Masrikatun yang berbagi kisahnya sebagai penderita periodontitis. “Saya tidak pernah menyangka bahwa masalah gusi bisa menyebabkan kehilangan gigi. Edukasi ini sangat penting,” tuturnya.

Film yang diproduseri oleh drg. Nur Rahman Ahmad Seno Aji, MDSc., SpPerio, SubSp. M.P(K) dan dinarasikan oleh drg. Osa Amila Hafiyyah, MDSc., Sp.Perio, Subsp. R.P.I.D(K)  menjelaskan fenomena periodontitis dengan bahasa awam. Penyusunan video dokumenter ini juga melibatkan seluruh Dosen Departemen Periodonsia FKG UGM selaku tim materi. 

Fakultas Kedokteran Gigi UGM berharap film dokumenter ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi sangat dianjurkan untuk mendeteksi dini dan menghindari komplikasi serius.

Video dokumenter ini dapat diakses gratis melalui https://youtu.be/58HC0IWNTUo?si=1U933EvnBg8EusBJ

Kontributor: drg. Nur Rahman Ahmad Seno Aji, MDSc., SpPerio, SubSp. M.P (K) | Editing: drg. Rezmelia Sari, MSc., Sp.Perio, SubSp. R.P.I.D (K)

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID