Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru, Kabar Prestasi

Alumni FKG UGM Raih Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan 2024

Dalam ajang Nominasi Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Teladan serta Kader Berprestasi Tahun 2024, drg. Yenny Yokung Yong, MDSc., Sp.Perio, yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM), berhasil meraih penghargaan sebagai Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Teladan Terfavorit. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam kategori Pengabdian Layanan Rujukan DPTK Tenaga Medis pada 16 Agustus 2024.

drg. Yenny, yang lulus dari Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Klinis (IKGK) dengan minat studi Periodonsia FKG UGM pada tahun 2016, berhasil menjadi pemenang dengan meraih 52% suara dari polling yang diadakan. Ia berhasil mengungguli dua nominator lainnya, yaitu dr. Irnawati, Sp.M., M.Kes., dan Dr. dr. Muhammad Nasir Ruki, S.Si., M.Kes., Apt.Sp.

Selama 13 tahun, drg. Yenny telah mengabdikan diri sebagai Spesialis Periodonsia di RSUD Perpetua J. Safanpo, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Selain memberikan pelayanan kesehatan melalui mobile clinic yang menjangkau masyarakat terpencil, ia juga aktif berkolaborasi dengan komunitas keagamaan setempat dalam kegiatan-kegiatan sosial. 

Beberapa di antaranya adalah donor darah, bakti sosial, edukasi gizi, serta program pemberian telur untuk anak balita yang kekurangan gizi. Tidak hanya itu, drg. Yenny juga terlibat dalam gerakan edukasi kesehatan seperti kampanye sikat gigi yang benar dan mengajar membaca untuk anak-anak sekolah dasar di Kabupaten Asmat.

“Saya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Papua, khususnya di Asmat. Saya percaya, dengan kolaborasi dan dedikasi, kita dapat mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan berdaya,” ucap drg. Yenny.

Penghargaan ini tidak hanya mencerminkan dedikasi drg. Yenny dalam bidang kesehatan, tetapi juga kontribusinya dalam pendidikan dan sosial di daerah terpencil. Sebagai alumni FKG UGM, prestasi ini juga menjadi kebanggaan bagi almamaternya yang terus mendorong pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Penulis: drg. Rezmelia Sari, MSc., Sp.Perio., SubSp. R.P.I.D (K)

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID