Search
Close this search box.

Berita

/

Berita Terbaru

2 Prodi FKG UGM mendapat Penilaian Akreditasi ASIIN

Dua program studi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) mendapat penilaian akreditasi dari Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN). Kedua program studi yang mendapatkan penilaian yaitu Program Studi Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Profesi Dokter Gigi. Penilaian akreditasi ASIIN dilakukan selama dua hari, 3-4 Juli 2024.

Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran menyatakan beberapa program studi UGM pertama kali terakreditasi oleh ASIIN pada tahun 2017. “Sejak saat itu, UGM terus mendorong program studi untuk meningkatkan lebih banyak aspek. Per hari ini, UGM memiliki 33 program yang terakreditasi oleh ASIIN,” kata Prof. Wening.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) melaksanakan akreditasi ASIIN untuk meningkatkan standar pendidikan dan memastikan kualitas program studi sesuai dengan standar internasional. 

Kegiatan akreditasi ASIIN ini melibatkan sejumlah asesor, diantaranya Dr. Hans Müller, Prof. Dr. Maria Schmidt, dan Dr. John Davies. Kedatangan asesor melakukan visitasi ke FKG UGM guna melakukan peninjauan dan konfirmasi apakah pengelolaan prodi sesuai dengan apa yang tercantum dalam dokumen borang. 

Agenda akreditasi meliputi pertemuan dengan antara asesor dengan pengelola program studi, diskusi dengan mahasiswa, interaksi dengan stakeholder dan pengguna lulusan, serta diskusi dengan dosen program studi. Beberapa agenda tersebut dilakukan untuk mendapat konfirmasi dan klarifikasi tentang bagaimana program studi melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu juga dilakukan pula peninjauan sarana dan prasarana di FKG UGM.

Akreditasi ASIIN penting dilakukan karena memberikan beberapa manfaat signifikan, seperti pengakuan internasional terhadap kualitas pendidikan, peningkatan daya saing lulusan, dan membuka peluang kerjasama dengan institusi global. Hal ini sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas dan nomor 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Dengan terlaksananya akreditasi ASIIN ini, Universitas Gadjah Mada berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di tingkat internasional, sekaligus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan terdepan di Indonesia.

Penulis: Diva Luthfiana | Editor: Fajar Budi H.
Foto: Fajar Budi H.

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
5 September 2024

Wajah Baru Taman Canina

3 September 2024

Dukung Digital Dentistry, FKG UGM Siapkan 3D Intraoral Aoralscan 3

2 September 2024

KAKGIGAMA Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Mahasiswa FKG UGM

id_ID