Selasa (3/12/2024) – Tim Koordinasi Semester Program Studi Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (FKG UGM) berhasil menyelesaikan proses monitoring dan evaluasi pembelajaran untuk Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Evaluasi ini dilakukan untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa mengenai proses pembelajaran dan praktikum yang telah dilaksanakan selama satu semester.
Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan penilaian mahasiswa melalui formulir online yang terdiri dari lima pilihan jawaban: sangat setuju, setuju, kurang setuju, tidak setuju, dan tidak tahu. Berikut adalah ringkasan hasil evaluasi dan umpan balik dari mahasiswa.
Semua mahasiswa memberikan penilaian positif. Mahasiswa menyatakan sangat setuju dan setuju pada berbagai aspek, termasuk efektivitas kegiatan pembelajaran, ketersediaan fasilitas yang memadai, kesempatan untuk berpartisipasi aktif, dan transparansi dalam sistem asesmen.
Poin-poin seperti materi yang disampaikan sesuai dengan capaian pembelajaran dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan jadwal juga mendapatkan penilaian sangat setuju dari sebagian besar mahasiswa.
Semua mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju terkait penggunaan media pembelajaran yang mudah dipahami dan materi yang sesuai dengan capaian pembelajaran. Hal ini menunjukkan kepuasan tinggi terhadap metode pengajaran yang diterapkan.
Mahasiswa juga menyampaikan kritik dan saran yang membangun untuk peningkatan proses pembelajaran dan praktikum, diantaranya mengenai variasi kegiatan perkuliahan, pengaturan jadwal kuliah, fasilitas prodi, serta pendampingan dalam penulisan karya ilmiah.
Hasil ini telah diterima oleh Ketua Program Studi Spesialis Periodonsia FKG UGM, drg. Kwartarini Murdiastuti, Sp.Perio., SubSp.R.P.I.D (K), Ph.D. Ia berharap bahwa umpan balik ini dapat menjadi masukan untuk perbaikan di masa depan.
Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-4, yaitu pendidikan berkualitas untuk keberlanjutan, proses evaluasi ini menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam praktik pendidikan. Dengan secara aktif mencari umpan balik dari mahasiswa, FKG UGM menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.
Hasil evaluasi ini tidak hanya akan memandu fakultas dalam meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga memastikan bahwa kurikulum tetap relevan dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa dan perkembangan bidang kedokteran gigi. Integrasi saran mahasiswa ke dalam perencanaan masa depan akan berkontribusi pada kerangka pendidikan yang lebih berkelanjutan.
Seiring berjalannya tahun akademik, FKG UGM tetap berkomitmen untuk menerapkan perbaikan ini, memastikan bahwa mahasiswa dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam karir masa depan mereka. Pendekatan proaktif fakultas terhadap monitoring dan evaluasi mencerminkan komitmennya terhadap keunggulan pendidikan dan keberlanjutan.
Penulis: drg. Rezmelia Sari, MSc., Sp.Perio., SubSp. R.P.I.D (K) & Pram | Editor: Shinta