Search
Close this search box.

Berita

/

Pengumuman

Informasi Seleksi PPDGS TA 2021/2022

Jadwal Seleksi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

Kegiatan Gelombang I Gelombang II
Pendaftaran  online  dan unggah dokumen 26 April – 17 Mei 2021 (Pukul 15.00 WIB) 31 Mei – 21 Juni 2021 (Pukul 15.00 WIB)
Pembayaran biaya pendaftaran Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
Penerimaan dokumen lain (proyeksi keinginan dan draft proposal/tulisan esai) di Program Studi tujuan (apabila ada) 26 April – 18 Mei 2021 31 Mei – 22 Juni 2021
Tes substansi oleh Program Studi tujuan (apabila ada) s.d. 4 Juni 2021 s.d. 16 Juli 2021
Pengumuman hasil seleksi 11 Juni 2021 pukul 22.00 WIB 26 Juli 2021 pukul 22.00 WIB
Registrasi online bagi yang diterima 14 – 21 Juni 2021 27 Juli – 2 Agustus 2021
Pengumuman hasil verifikasi registrasi dan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) 22 Juni 2021 3 Agustus 2021
Periode pembayaran UKT 23 Juni – 1 Juli 2021 4-10 Agustus 2021
Pencetakan Bukti Registrasi (di akun) 5 Juli 2021 11 Agustus 2021
Mulai kegiatan akademik 16 Agustus 2021
Pengambilan jas almamater akan diumumkan kemudian melalui SIMASTER

Syarat Pendaftar Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada TA 2021/2022

Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar sebagai peserta Program Pendidikan Dokter  Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada adalah sebagai berikut:

No. Berkas Pendaftaran Daftar Online Dikirim
1. Ijazah asli pendidikan S1 dan Dokter Gigi; Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
2. Transkrip nilai pendidikan S1 dan Dokter Gigi, dengan ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif sebagai berikut:

a.       ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

b.      ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

c.       ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
3. Daftar Riwayat Hidup Fotokopi 2 rangkap
4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

a.       Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;

b.      Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;

c.       Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan

Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
5. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM 450 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM , dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI 450 Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS 450 Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

 

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini

 

Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM 149 Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI 27 Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS) 4.0 Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Internet-Based (iBT) TOEFL 30 Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL 400 Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes

 

*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.

Softcopy pdf Fotokopi dilegalisir 2 lembar
7. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal pendaftar pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalu email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
8. a.  Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Spesialis yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);

b. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dengan dilengkapi fotokopi bukti daftar.

Softcopy pdf

 

 

 

Fotokopi 2 rangkap

 

 

Fotokopi 2 rangkap

9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini); Softcopy pdf

 

Fotokopi 2 lembar
10. Pendaftar untuk Prodi Ortodonsia, Prodi Konservasi Gigi dan Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial minimal selama satu tahun mempunyai pengalaman kerja klinik dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja; Fotokopi 2 lembar
11. Pendaftar untuk Prodi Bedah Mulut & Maksilofasial, pada saat seleksi usia maksimal calon mahasiswa 35 tahun
12. Surat Keterangan Berbadan Sehat Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
13. Surat Keterangan Catatan Kepolisian Softcopy pdf Fotokopi 2 lembar
14. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini) Softcopy pdf 1 asli

1 fotokopi

15. Fotokopi STR yang masih berlaku Fotokopi 2 lembar

 

  1. Pendaftaran secara online melalu website um.ugm.ac.id
  2. Berkas pendaftaran dibuat rangkap 2 (dua) oleh calon peserta, diserahkan ke sekretariat Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada
  3. Informasi lebih lanjut hubungi (0274) 547130

 

Selengkapnya… Download Di sini

Tags

Bagikan Berita

Berita Terkait
8 Juni 2024

FKG UGM mengelola sampah? menuju Zero Waste melalui video edukasi

6 Juni 2024

Akomodasi Disabilitas di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada

8 Mei 2024

Dorong inovasi penelitian, FKG UGM inisiasi kolaborasi dengan Peneliti Jepang

id_ID