Search
Close this search box.

Senat

/

Prof. drg. Supriatno, M.Kes., M.DSc., Ph.D.

Prof. drg. Supriatno, M.Kes., M.DSc., Ph.D.

supriatno_fkg@ugm.ac.id

Prof. drg. Supriatno, M.Kes., M.D.Sc., Ph.D. adalah dosen senior di Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mempelajari dan mendalami kanker mulut dengan fokus pada terapi gen kanker kepala dan leher. Program pendidikan PostDoc dilaksanakan di Department of Therapeutic Regulation for Oral Tumor Institute of Health Biosciences, University of Tokushima, Jepang, dan gelar Ph.D diperoleh dari Department of Oral Maxillofacial Surgery and Oncology, School of Dentistry, Universitas Tokushima, Jepang. Advanced clinical training dalam bidang bedah mulut maksilofasial dan onkologi dilaksanakan di Second Department of Oral Maxillofacial Surgery, Rumah Sakit Universitas Tokushima dari tahun 2001-2003. Teaching assistance dan penelitian di departemen tersebut dilakukan pada tahun 2002 hingga 2004.

Supriatno lahir di kota Bandung, menikah dan dikaruniai 3 orang putra dan saat ini bekerja di Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Beliau aktif melakukan penelitian yang berfokus pada terapi gen kanker kepala dan leher (termasuk kanker mulut) dan sering mendapatkan dana hibah penelitian dari Pemerintah. Penghargaan Penelitian sebagai peneliti terbaik diperoleh dari berbagai perguruan tinggi (PTN dan swasta) dan industri. Publikasi internasional terindeks dan publikasi nasional terakreditasi telah banyak dilaporkan.

Selain mengajar di Departemen Ilmu Penyakit Mulut UGM, beliau juga mengajar di perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya. Pengalaman profesional dalam menjalankan tugas “Tri Darma Perguruan Tinggi” antara lain menjadi tim Pertimbangan Penelitian LPPM UGM, Kepala Unit Penelitian di Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Kepala Laboratorium Riset Terpadu, tim Panelis atau reviewer di RISBIN IPTEKDOK Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tim Panelis (tersertifikat Internasional) atau reviewer internal bersertifikat Hibah Penelitian Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Tim medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Gadjah Mada. Reviewer pada International Journal of Dental Research (JDR), Journal of Dental of Oral Hygiene (JDOH), Malaysian Journal of Medical Health Science, dan jurnal internasional bereputasi lainnya. 

id_ID