Kemahasiswaan

VISI:

Membangun Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM yang lebih kreatif, inovatif, kritis, serta berkompeten berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa untuk berperan serta mewujudkan FKG UGM sebagai World Class Research Faculty .

MISI:
  1. Mengembangkan sikap profesional dalam internal pengurus.
  2. Meningkatkan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mendukung segala upaya pengembangan kualitas diri Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM.
DEPARTEMEN DAN BIRO YANG TERDAPAT DI KELUARGA MAHASISWA:
  1. Biro Kesekretariatan dan Rumah Tangga 
    Bagian yang mengurus administrasi dan inventarisasi KM serta bertanggungjawab membuat ruang sekretariat KM FKG UGM menjadi nyaman, bersih, rapi, dan teratur sehingga menjadi nyaman sebagai tempat beraktivitas para anggota KM ataupun mahasiswa.
  2. Biro Kewirausahaan 
    Bagian usaha dana, melatih entrepreneurship mahasiswa. Menumbuh kembangkan pribadi yang ulet dan mandiri di kalangan mahasiswa FKG UGM serta mengupayakan tambahan dana yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh KM FKG UGM.
  3. Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) 
    Bertanggungjawab terhadap human resources yang terlibat di dalam KM FKG. Titik fokus kerja departemen ini adalah pembentukan karakter serta peningkatan potensi anggota dan staff dalam manajemen keorganisasian sebagai penjaga alur kaderisasi. Selain itu, PSDM juga turut memantau keefektifan setiap anggota dan rasa kepemilikan terhadap KM sebagai keluarga mahasiswa.
  4. Departemen Advokasi dan Kajian Strategis 
    Departemen yang melakukan pembelaan terhadap mahasiswa serta melakukan kajian terhadap isu strategis di lingkup fakultas maupun lingkup universitas.
  5. Departemen Jaringan 
    Departemen ini diharapkan mampu menjadi penghubung KM FKG UGM dengan berbagai macam instansi baik dari dalam maupun dari luar kampus, sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi, menjalin dan memperluas relasi antar fakultas kesehatan, fakultas se UGM, di luar UGM baik regional maupun nasional.
  6. Departemen Pengabdian Masyarakat (PM) 
    Departemen yang bergerak di bidang sosial berupa kegiatan penyuluhan atau bakti sosial kepada masyarakat di bidang kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut.
  7. Departemen Seni 
    Memfasilitasi dan mengembangkan segala kreatifitas individual maupun kelompok di kalangan mahasiswa khususnya di bidang seni agar tercapai komunikasi, interaksi budaya yang dinamis, bermutu dan berkualitas dalam menghadapi perkembangan budaya secara global serta dapat memberikan makna positif terhadap perkembangan kesenian dengan tetap memperhatikan pengertian saling menghormati antar sesama manusia.
  8. Departemen Olahraga 
    Memfasilitasi mahasiswa dalam minat dan bakat terutama dalam bidang olahraga.
  9. Departemen Jurnalistik 
    Departemen yang melakukan pengembangan mahasiswa dalam bidang jurnalistik.
BADAN SEMI OTONOM:
  1. KAMMUS (Keluarga Mahasiswa Muslim)
  2. KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik)
  3. PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen)
  4. DEPA (Denta Paramitha)
  • Beasiswa

BEASISWA YANG DIBERIKAN KEPADA MAHASISWA

  • BBM
  • PPA
  • BOP
  • SUPERSEMAR