Doctoral Studies Program

Era globalisasi dan modernisasi telah mempengaruhi keinginan masyarakat untuk selalu meningkatkan taraf pendidikan formal. Menghadapi tuntutan masyarakat untuk selalu meningkatkan taraf pendidikan formal. Menghadapi tuntutan masyarakat tersebut, Universitas Gadjah Mada membuka kesempatan untuk mengikuti studi lanjut dalam Program Studi S3 Monodisiplin Ilmu Kedokteran Gigi.

Program Doktor yang dikembangkan di Fakultas Kedokteran Gigi adalah pendidikan strata 3 yang termonitor yang memungkinkan peserta didik menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Program Doktor dilaksanakan dengan sistim perkuliahan dan riset.

Visi Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Gigi:

Menjadi program studi pendidikan doktor yang berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.

Misi Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Gigi:

Misi Umum

Melaksanakan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset.

Misi Khusus

  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia, beridentitas kerakyatan, serta berbasis keunggulan dan kekayaan lokal.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan doktor berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas, menuju pengakuan internasional.
  3. Mengembangkan arah dan kebijakan riset inter dan multidisipliner untuk mendukung pendidikan doktor berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas.
  4. Mengembangkan fasilitas pembelajaran yang optimal untuk mendukung pendidikan doktor berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas.
  5. Mengembangkan kerjasama nasional dan internasional yang lebih luas untuk mendukung pendidikan doktor berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas.
  6. Mengembangkan tata kelola program pendidikan doktor yang baik (good governance) untuk menjadi program studi yang dapat mendukung misi fakultas dan universitas.

Tujuan

Penyelenggaraann pendidikan S3 Ilmu Kedokteran Gigi bertujuan menghasilkan lulusan doktor yang memiliki:

  1. Menjadi program studi pendidikan doktor yang berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang : (1) memiliki integritas tinggi, (2) berwawasan luas, (3) memiliki kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menciptakan teori atau metodologi baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, (4) memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada sejawat maupun masyarakat, (5) memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmunya dan bekerjasama melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta (6) memiliki kemampuan untuk berpikir secara komprehensif dan holistik terhadap suatu permasalahan.
  3. Menjadi program studi pendidikan doktor dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang mandiri dan bertata kelola baik.

Sasaran

Untuk tujuan menjadi program studi pendidikan doktor yang berbasis riset dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di tingkat regional yang berwawasan global serta berorientasi pada kepentingan masyarakat berdasarkan Pancasila.

  1. Terwujudnya pembelajaran berbasis riset.
  2. Tercapainya peningkatan reputasi pada tingkat nasional dan internasional dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Terwujudnya peningkatan jejaring kerjasama nasional dan internasional.
  4. Tercapainya peran program studi pendidikan doktor untuk penyelesaian permasalahan masyarakat yang terkait dengan bidang kesehatan gigi dan mulut baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional

Untuk tujuan menghasilkan lulusan yang: (1) memiliki integritas tinggi, (2) berwawasan luas, (3) memiliki kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menciptakan teori atau metodologi baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, (4) memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada sejawat maupun masyarakat, (5) memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmunya dan bekerjasama melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta (6) memiliki kemampuan untuk berpikir secara komprehensif dan holistik terhadap suatu permasalahan:

  1. Terwujudnya pembelajaran dengan kurikulum program doktor berbasis kompetensi.
  2. Tercapainya akreditasi program studi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Terselenggaranya kerjasama dan pertukaran staf pendidik dan mahasiswa pada tingkat internasional.
  4. Terselenggaranya program kerjasama riset tingkat nasional dan internasional untuk penyelesaian permasalahan masyarakat yang terkait dengan bidang kesehatan gigi dan mulut baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  5. Terwujudnya peningkatan jumlah publikasi riset nasional dan internasional.
  6. Terwujudnya peningkatan jumlah hasil riset yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
  7. Terselenggaranya transfer kredit pada tingkat regional dan internasional.

Untuk menjadi program studi pendidikan doktor dalam bidang kesehatan gigi dan mulut yang mandiri dan bertata kelola baik :

  1. Tuntasnya sistem informasi pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diakses secara mudah.
  2. Terwujudnya sistem pengelolaan (manajemen) program studi yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan (good governance) antara lain meliputi sistem informasi SDM, sistem informasi keuangan, sistem penerimaan mahasiswa, aset, kerjasama.
  3. Terselenggaranya peningkatan kerjasama untuk pengembangan usaha yang mendukung peningkatan kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset.

Untuk sasaran yang berskala nasional ditargetkan tercapai paling lambat tahun 2015, sedangkan untuk sasaran yang berskala internasional ditargetkan tercapai paling lambat tahun 2017.

Peserta Program:

Persyaratan akademik untuk dapat diterima sebagai mahasiswa program pendidikan S3 Ilmu Kedokteran Gigi:

  1. Lulusan S2 Ilmu Kedokteran Gigi, IPK > 3,25.
  2. Lulusan S2 di luar Ilmu Kedokteran Gigi, IPK > 3,5 dengan matrikulasi.
  3. Lulusan PPDGS, IPK > 3,25 dengan 3 jurnal ilmiah yang telah dipublikasi.
  4. Lulusan S1 Ilmu Kedokteran Gigi, IPK cum laude, yang memiliki motivasi dan kemampuan akademik yang tinggi untuk mengembangkan ilmu dan teknologi kedokteran gigi.
Lama pendidikan:

Lama pendidikan adalah 6 (enam) semester dengan jumlah SKS minimum 40.

Biaya Studi

Biaya studi sebesar Rp 13.000.000,- (tigabelas juta rupiah) tiap semester yang ditanggung mahasiswa, sponsor atau instansi pengirim. Biaya tersebut di luar biaya hidup, biaya buku, & biaya pendidikan.

Pelaksanaan Program
  1. Seleksi
  2. Perkuliahan
  3. Ujian Komprehensif
  4. Seminar hasil penelitian
  5. Penilaian naskah disertasi
  6. Ujian Tertutup (dan atau ujian terbuka)
Waktu pendaftaran

Waktu pendaftaran bagi mahasiswa Bulan Maret – Juni

 

Penerimaan mahasiswa

Penerimaan mahasiswa didasarkan atas:

  1. Kemampuan akademik
  2. Kelengkapan persyaratan
  3. Rancangan usulan penelitian
  4. Kesesuaian proyeksi keinginan dengan latar belakang pendidikan
  5. Kepribadian dan integritas pelamar
  6. Tempat yang tersedia bagi pelamar
Syarat pendaftaran

Dilaksanakan melalui internet ( on line) dengan prosedur:

  1. Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 750.000,- ke Bank BNI seluruh Indonesia dengan kode: 3333 diikuti dengan tanggal lahir berformat ddmmyy
  2. Jika pembayaran berhasil, maka pada struk pembayaran tercantum password untuk mengisi formulir pendaftaran (formulir pendaftaran dapat didownload melalui http://um.ugm.ac.id/daftar
  3. Pada akhir isian formulir, pendaftar akan mendapatkan nomer pendaftaran dan tersedia tombol untuk mencetak formulir pendaftaran sebagai salah satu syarat pendaftaran
  4. Mempunyai sertifikat hasil test TOEFL dan /AcEPT dan TPA/PAPS
  5. Bagi pelamar BPDN diwajibkan pula mendaftar secara on line melalui laman DIKTI: http: //beasiswa.dikti.go.id/bppdn

Berkas persyaratkan pendaftaran yang harus dilampirkan:

  1. Salinan ijazah dan transkrip S1, S2, Sp yang telah dilegalisir.
  2. Memiliki IPK minimal 3,25
  3. Asal Program Studi S2 telah memperoleh akreditasi oleh BAN PT
  4. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan. Borang dapat dapat di unduh/download pada http://um.ugm.ac.id
  5. Nama calon pembimbing yang diinginkan/ yang telah dihubungi.
  6. Surat ijin dari instansi/lembaga tempat bekerja ( bagi calon yang sudah bekerja) dan surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan kesanggupan biaya sendiri (bermaterai). Borang dapat di unduh/download pada http://um.ugm.ac.id
  7. Surat keterangan sehat dari dokter RS pemerintah
  8. Surat rekomendasi dari 2 orang/pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon (mantan pembimbing, mantan dosen atau atasan). Borang dapat di unduh/download pada http://um.ugm.ac.id
  9. Rancangan usulan penelitian atau lay out proposal
  10. Bagi pendaftar yang telah memiliki nilai ITP-TOEFL 500 dari institusi yang ditunjuk oleh The Indonesian International Education Foundation dan diakui oleh Universitas Gadjah Mada, memiliki nilai TPA 550 yang dikeluarkan oleh Bappenas, Puspendik Litbang Diknas atau UGM dapat dilampirkan.
  11. Pelamar BPDN (hanya untuk jalur akademik) melampurkan form A s.d. D. Borang dapat di unduh/download pada http://um.ugm.ac.id, dengan dilengkapi fotokopi:
    • Karpeg/NIK untuk PNS/Karyawan
    • Surat Keputusan sebagai PNS
    • Surat Keputusan Jabatan Dosen
    • Bukti PDF online BPPDN di DIKTI
    • Khusus pelamar Beasiswa Unggulan, dilampiri bukti PDF BU.
  12. Semua persyaratan dibuat rangkap 2, lamaran dikirim/diserahkan kepada:

Administrasi Program Pascasarjana
Direktorat Administrasi Akademik
Kantor Pusat UGM Lt.1, Sayap Selatan
Bulaksumur, Yogyakarta 55281

 

Contact Person:

Prof. Dr. drg. Widowati Siswomihardjo, MS

Dr. drg. Alma Linggar Jonarta, M.Kes.

Telp. (0274) 515307, 6492670. HP: 08529252006

E-mail: s3_ikg@yahoo.com