Department Of Orthodontics

DEPARTMENT of ORTHODONTICS

Program Studi Ortodonsia Program Pendidikan dokter Gigi Spesialis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bersifat spesialistik dan profesional. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga spesialis ortodonsia yang berkualitas sesuai standar yang ditetapkan oleh World Federation Orthodontic (WFO) dan Kolegium Ortodonti Indonesia.

Kurikulum Program Studi Ortodonsia terdiri dari susunan mata kuliah persemester yang ditetapkan dengan mengacu kepada standar kompetensi pendidikan Program Studi Spesialis Ortodonsia berdasarkan Kurikulum dari WFO. Lulusan Program Studi Ortodonsia diharuskan mempunyai bekal kompetensi yang berke-Tuhanan Yang Maha Esa, berkarakter dan berjiwa sosial, bertanggung jawab, beretika dan profesional dibidang Ortodonsia.

Dalam Bidang ilmu dan Teknologi telah dilakukan penelitian payung yang dilaksanakan oleh dosen dengan melibatkan mahasiswa. Penelitian payung tersebut bagi mahasiswa bermanfaat sebagai penelitian tesisnya dan bagi dosen untuk meningkatkan akreditasi Program Studi Ortodonsia.

Untuk mengatisipasi kebutuhan masyarakat tentang perawatan kasus – kasus maloklusi yang bersifat multidisiplin, Program studi Spesialis Ortodonsia menyiapkan lulusan ortodontis yang mampu pegang peranan dalam perawatan interdisiplin pada kasus – kasus perawatan bedah ortognatik maksilofasial serta kasus – kasus terkait seperti perawatan celah bibir dan palatum.