Department of Oral Diseases

Ilmu Penyakit Mulut adalah salah satu bidang ilmu di kedokteran gigi yang mempelajari penatalaksanaan pasien dengan medical compromised, diagnosis serta perawatan non bedah kelainan pada jaringan mukosa mulut dan maksilofasil yang berhubungan dengan penyakit sistemik.

Visi

Menjadikan bagian yang mampu mengintegrasikan antara ilmu kedokteran dengan kedokteran gigi untuk mencapai kesehatan optimal

Misi

  1. Menngembangkan pendidikan, penelitian, dan perawatan pasien di bidang ilmu penyakit mulut.
  2. Meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan melakukan inovasi pembelajaran yang berkelanjutan di tingkat sarjana, profesi dan spesialis
  3. Berkolaborasi dengan bidang spesialisasi lainnya dalam riset intevensi di bidang epidemiologi penyakit, patogenesis penyakit intervensi.
  4. Mempromosikan standar kualitas diagnosis dan pengobatan penyakit mulut yang tidak responsif terhadap terapi kovensional.
  5. Memberikan pelayanan rujukan bagi para dokter gigi yang memiliki pasien dengan penyakit sistemik dengan tingkat kormobiditas tinggi atau masalah diagnostik kompleks yang melibatkan daerah mulut dan maksilofasial yang membutuhkan manajemen non bedah.
  6. Meningkatkan kualitas hidup penderita dengan gangguan medis terkait dengan kelainan rongga mulut dan maksilofasial.
  7. Meningkatkan pemahaman dan kerjasama antara profesi medik dengan kedokteran gigi

Pendidikan ilmu penyakit mulut diberikan kepada mahasiswa program studi pendidikan dokter gigi dan keperawatan gigi melalui perkuliahan dengan sistem student center learning kolaboratif, kooperatif dan integratif. Dengan mengikuti pembelajaran ilmu penyakit mulut, diharapkan mahasiwa mempunyai kemampuan diagnostik dan penatalaksanaan kasus-kasus non bedah (nyeri ofrofasial, infeksi mulut, penyakit mukosa mulut, penyakit kelenjar ludah dan kasus-kasus compromise) secara komprehensif. Pengabdian serta riset baik laboratoris dan klinis dilakukan secara mandiri dan kolaboratif dengan bidang spesialisasi yang lain.