Profile

Fakultas Kedokteran Gigi UGM seiring dengan perjalanan dinamika waktu senantiasa berusaha untuk mewujudkan inovasi secara berkelanjutan dalam upaya untuk mewujudkan visi dan misinya.

Kampus diharapkan menjadi pusat keunggulan akademik, kontributor ilmu pengetahuan baru, pemberdayaan masyarakat, serta relevansi sosial untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Masyarakat yang mandiri dan berkeadilan merupakan visi bidang kesehatan yang telah dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Fakultas Kedokteran Gigi UGM sebagai institusi yang menghasilkan lulusan Dokter Gigi yang nantinya akan menjadi tenaga ahli penyedia layanan kesehatan gigi, mempunyai peran dan tanggungjawab untuk turut serta menjadi bagian integral dalam mewujudkan visi tersebut. Peran dan tanggung jawab tersebut diaktualisasikan melalui serangkaian kegiatan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan visi dan misi serta tujuan Fakultas Kedokteran Gigi UGM, untuk turut berperan dalam mewujudkan cita-cita nasional bidang kesehatan.

Dekan

Dr. drg. Ahmad Syaify, Sp.Perio(K)

 

Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Kedokteran Gigi UGM memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian, maupun sebagai staf di berbagai instansi pemerintah, industri milik pemerintah dan swasta serta jabatan penting lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah menghasilkan sarjana kedokteran gigi maupun dokter gigi yang mampu berperan di masyarakat. Keberhasilan tersebut tentu berkat kerja keras seluruh staf di fakultas ini. Sadar bahwa proses pendidikan merupakan proses yang dinamis maka Fakultas Kedokteran Gigi UGM senantiasa meningkatkan diri dengan melibatkan berbagai unsur serta sarana, antara lain visi, misi, dan sarana pendidikan, kurikulum dan tenaga pengajar maupun fasilitas fisik lainnya. Pada saat ini Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah mampu menempatkan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi kedokteran gigi yang terbaik di Indonesia dan memperoleh akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Fasilitas Laboratorium Riset

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada memiliki fasilitas berupa sebuah gedung induk berlantai lima dengan atrium yang lapang. Gedung ini merupakan pusat kegiatan administrasi fakultas, ruang pengurus fakultas, ruang dosen, ruang sidang, dan ruang pelayanan kesehatan gigi berupa satu Rumah Sakit Gigi dan Mulut Prof. Soedomo. Rumah sakit ini dilengkapi dengan tempat pendaftaran pasien, ruang tunggu pasien, poliklinik untuk perawatan dan pengobatan gigi, ruang laboratorium, unit radiologi, dan kantin. Selain gedung induk, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada dilengkapi juga dengan satu gedung berlantai tiga dan satu gedung berlantai dua untuk pelaksanaan kegiatan perkuliahan, serta beberapa gedung berlantai satu untuk tempat praktikum preklinik dan perpustakaan. Kesemuanya terletak dalam satu kompleks dengan halaman tengah untuk taman dan dilengkapi tempat parkir yang cukup luas.